Pages

Pengertian Aset Dan Seberapa Penting Artinya Aset Buat Kita


Aset pada dasarnya adalah harta yang kita punyai baik itu yang berwujud (bisa dilihat dengan mata) seperti tanah dan rumah atau yang tidak berwujud (tidak bisa dilihat dengan mata ) seperti kemampuan seseorang dalam bidang tertentu, pengalaman, asuransi jiwa dll. dalam akuntansi disebut juga sebagai aktiva. aset mempunyai masa pakai baik itu berwujud atau tidak berwujud oleh karena itu ada biaya yang dinamakan sebagai biaya penyusutan.

Pada  dasarnya aset yang kita punyai menimbulkan manfaat dan biaya. Manfaat yang diperoleh dari aset bisa bermacam-macam sesuai dengan jenis dan kegunaan aset tersebut, begitupun dengan biaya yang akan timbul bisa bermacam-macam sesuai jenis dan kegunaan dari aset tersebut. Apabila biaya dan manfaat yang timbul tersebut diukur dengan uang maka biaya bisa diartikan juga sebagai sejumlah uang yang dikeluarkan untuk mendapatkan dan menggunakan aset dan manfaat bisa diartikan sebagai sejumlah uang yang diperoleh dari aset tersebut.


Ada juga pendapat yang mengatakan bahwa harta yang dipunyai seseorang bisa disebut aset apabila mempunyai nilai manfaat lebih dibanding biaya yang harus dikeluarkan tentu saja yang dijadikan nilai  ukur adalah uang  sedikit ilustrasi sebagai berikut: misalkan saya mempunyai beberapa barang seperti handphone dan sepeda motor, saya mempunyai perhitungan sebagai berikut:
Handphone :
Penghasilan yang didapat dari handphone tiap bulan : Rp. 0,00
Biaya untuk handphone:
pulsa tiap bulan : Rp. 50.000,
Total biaya perbulan : Rp.50.000, Total uang yang didapat dari handphone : Rp.0,00
manfaat : sebagai alat saya untuk berkomunikasi

Sepeda motor:
Penghasilan yang didapat dari motor : Rp.0,00
Biaya yang saya keluarkan untuk motor :
Bensin perbulan :Rp.150.000
Oli perbulan : Rp.27.000
Servis motor : Rp.30.000 tiap 3 bulan berarti perbulan Rp.10.000
Total biaya : Rp.187.000,00 Total dapatan perbulan: Rp.00
manfaat : alat transportasi saya baik itu untuk bekerja dan keperluan yang lain
dari perhitungan sederhana diatas dapat saya ketahui jika dinilai dengan uang maka handphone dan sepeda motor bukan merupakan aset karena biaya yang dikeluarkan lebih besar dari pemasukan (uang) tapi merupakan barang yang berguna buat saya. Meskipun sepeda motor tersebut saya pakai untuk bekerja dan dari pekerjaan itu saya mendapatkan gaji sepeda motor tersebut hanyalah sarana transportasi sama saja dengan handphone, berbeda jika saya gunakan sepeda motor itu untuk menghasilkan uang seperti penyewaan sepeda motor atau bentuk usaha yang lainnya.

Kenapa sih kita susah susah menghitung aset toh kita masih mempunyai uang lebih dengan barang yang kita punya  meskipun kita tidak tahu apakah barang yang kita punya tersebut merupkan aset atau bukan!!! Karena : dengan mengetahui barang yang kita punya itu aset / bukan aset mungkin uang sisa di akhir bulan jadi semakin besar karena kita jadi lebih tahu saat berbelanja barang apakah barang  tersebut setelah kita beli nantinya akan menambah pengeluaran atau menambah pemasukan. alasan yang lainnya adalah Apakah kita yakin bahwa penghasilan yang kita dapatkan sekarang akan masih bisa kita peroleh di 30 atau 20 tahun mendatang bukankah manusia punya masa produktif masa dimana kita tidak bisa bekerja lagi karena faktor usia atau alasan lainnya, dengan harapan setelah kita tidak mampu bekerja maka sebagai gantinya aset yang kita punya mampu menghasilkan sumber pemasukan untuk kita. Sebagian besar orang kaya itu kaya karena mereka mempunyai aset-aset yang terus menghasilkan uang atau istilah kerennya “passive income” jadi menurut saya pengetahuan tentang aset sangat penting karena mempengaruhi masa depan kehidupan finansial kita….

No comments:

Post a Comment